Ekonomi dan Bisnis

Hadirkan Layanan QRIS, Bank BPD Bali Dukung Pasar Rakyat Karangasem


Karangasem, PancarPOS | Guna mendukung pemulihan ekonomi, sekaligus juga menekan laju inflasi kenaikan harga kebutuhan pokok di pasar, maka Pemkab Karangsem menggelar Pasar Rakyat di Lapangan Budaya Chandra Buana, Amlapura, Karangasem, Jumat (14/10/2022). Pasar Rakyat ini, juga sebagai langkah TP PKK Kabupaten Karangasem memberikan bentuk perhatian, dan manfaat serta sebagai media untuk memperkenalkan produk khas Karangasem kepada masyarakat. Bahkan upaya TP PKK Karangasem tersebut bersinergi dengan Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster untuk menggelar Pasar Rakyat yang juga didukung penuh oleh Bank BPD Bali Cabang Karangasem dengan menghadirkan QRIS sebagai transaksi digital.

1th#ik-14/8/2022

Pada kesempatan itu, Kepala Bank BPD Bali Cabang Karangasem, Ketut Andayana Kusuma Yasa, SE., MM., mengakui melalui pagelaran Pasar Rakyat tersebut, Bank BPD Bali Cabang Karangasem turut mendukung dengan menghadirkan QRIS Bank BPD Bali. Hal ini dilakukan, sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat Karangasem akan penting transaksi digital, sekaligus juga mendukung program nasional yaitu Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), serta dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan (BIK) Bank BPD Bali tahun 2022. “Seluruh stand dalam pesta rakyat telah dilengkapi QRIS BPD Bali dan dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan Bank BPD Bali memberikan layanan free top up bagi seluruh pengunjung yang melakukan download dan install aplikasi e-wallet Bank BPD Bali yaitu Balipay,” jelasnya.

Dilanjutkan Andayana, suport yang dilakukan merupakan sebagai bentuk komitmen Kantor Cabang Karangasem Bank BPD Bali, kepada para IKM guna mendukung percepatan pemulihan ekonomi. Dikatakan Pasar Rakyat yang dihadiri Bupati Karangasem I Gede Dana kali ini, diikuti oleh 8 stand kuliner, dengan menyajikan sajian khas Karangasem seperti Blayag, Sate Babi Serapah, Laklak dan Jajan Bali. Serta delapan stand UMKM yang terdiri dari Dekranasda, Bulog, Dinas pertanian dan beberapa pedagang sayur, telur dan hasil bumi lainnya. “Stand-stand tersebut sebagai perwakilan seluruh PKK di masing-masing kecamatan di Karangasem dengan membawa hasil bumi atau kerajinan khas masing-masing kecamatan,” ungkapnya.

1th#ik-6/10/2022

Sementara itu, Sekertaris Daerah Kabupaten Karangasem, I Ketut Sedana Mertha, ST., MT., mengaku sangat mengapresiasi dukungan Bank BPD Bali Cabang Karangasem menghadirkan layanan QRIS di Pasar Rakyat Karangasem. Dengan adanya transaksi pembayaran QRIS ini, diharapkan masyarakat yang masih konvensional diperkenalkan dengan sistem pasar berbasis digital, dan bisa mengikutinya. “Sangat luar biasa Bank BPD Bali di Karangasem menghadirkan QRIS di pagelaran Pasar Rakyat. Hal ini memang harus diingatkan dan perlu proses penggunaan QRIS kepada masyarakat yang terbiasa dengan konvensional,” ujarnya. Dijelaskan kegiatan Pasar Rakyat ini diselenggarakan oleh Pemkab Karangasem bekerja sama dengan TP PKK Provinsi Bali, sebagai upaya untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok di pasaran.

Kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan di masing-masing desa yang saat ini bersama Disperindagkop masih terus memantau harga beras di pasaran. Jika terjadi peningkatan harga yang tidak wajar, maka akan langsung melakukan langkah-langkah untuk menstabilkan harga. Selain harga beras, pihaknya bersama Tim Pemantau Inflasi Daerah juga terus memantau perkembangan harga kebutuhan pokok lainnya, seperti telur ayam dan minyak goreng termasuk bumbu dapur penyebab inflasi yakni cabai, bawang merah dan bawang putih. tra/ama/*

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan


Back to top button