Ekonomi dan Bisnis

Bank Indonesia Dukung UMKM Bali Tembus Pasar Ekspor


Buleleng, PancarPOS | Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Rizky Ernadi Wimanda mendukung pengembangan penenun Pulau Dewata masuk pangsa pasar digital dan ekspor. BI memiliki 36 penenun baik sebagai mitra dan binaan yang terus didorong menjadi UMKM yang mandiri. Beragam pelatihan dilakukan kepada para UMKM agar produknya bisa dipasarkan lewat e-commerce atau platform online seperti Etsy dan lainnya. “Selain itu, pihaknya juga mendukung alat tenun bukan mesin, pengelolaan limbah dari pasca produksi,” kata Rizky Ernadi Wimanda ketika melalukan kunjungan Pertenunan Artha Dharma dalam kegiatan Capacity Building Media 2021 Bank Indonesia di Buleleng, Jumat (8/10/2021).

1bl#ik-21/8/2021.

Sebelumnya juga mengunjungi Binaan BI Bali Pagi Motley dalam rangkaian Capacity Building Tahunan 2021 yang berlangsung selama tiga hari, 7-9 September 2021. Dengan menghadirkan pembicara dari Departemen Komunikasi BI (Kebijakan Komunikasi dan Publikasi BI), KabBiro Antara Bali Edy Yakub (Mengelola Isu-Isu Ekonomi dalam Pemberitaan) dan KaBiro Binis Indonesia Bali Feri Kristianto (Membaca dan Membahasakan Data BI). Para penggiat UMKM, BI pun memfasilitasi pameran-pameran baik ajang daerah, naaioanl dan internasional, termasuk dalam acara Bali Jagadhita Culture Week (BJCW).

Upaya itu agar penjualan pelaku UMKM semakin besar dan masyarakat lebih sejahtera. Sekaligus setiap UMKM penenun memiliki ciri khas tersendiri dengan desain kreatif dan inovatif. Sementara itu, Owner Pertenunan Artha Dharma Ketut Rajin mengharapkan rencana dibukanya kembali pariwisata Bali dapat memulihkan omset penjualan endek. Biasanya dalam sebulan bisa mencapai omset Rp200 juta, sejak pandemi turun mencapai 70 persen-nan. Namun, beruntungnya pesanan perkantoran baik instansi formal dan swasta masih ada yang memesan, terlebih adanya surat edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 04 Tahun 2021 Tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali/Kain Tenun Tradisional Bali.

1bl#il-10/9/2021

Untuk itu, karyawan sejumlah 88 orang masih tetap dipekerjakan selama pandemi yang berlangsung selama hampir dua tahun. Dengan demikian, ajang Indonesia yang menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 2022 rencananya mengambil lokasi di Bali menjadi harapan baru. Apalagi pariwisata Bali akan dibuka pada tanggal 14 Oktober mendatang seiring turunnya angka penularan Covid-19. Selama ini, pengerjaan tenun menggunakan alat tenun tenaga manusia, dengan berbagai varian motif dan desain sehingga pengguna tidak mudah bosan. Pewarna ada yang gunakan kimia, ekstrak alami dan alami. Memang diakui penggunaan bahan alami membutuhkan biaya cukup besar dan waktu yang panjang.

Dibandingkan dengan kimia dan ekstrak alami lebih rendah, pewarna dan benang tenun masih didatangkan dari India maupun China. Pertenunan Artha Dharma tergolong terbesar di Buleleng masih dominan pangsa pasarnya domestik yang berkembang sejak 2002 dan sejak 2014 menjadi binaan BI Bali. aya/ama/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close