Ekonomi dan Bisnis

Pembukaan Border Pariwisata Bali Mundur Terus, Isi “Dompet” Makin Kosong


Denpasar, PancarPOS | Wacana pembukaan border pariwisata Bali pada bulan Juli 2021 semakin menghangat. Peluang tersebut menyusul capaian target pelaksanaan program vaksinasi di Bali yang paling sukses di Indonesia. Kabar bahagia itu diapresiasi Ketua DPD Demokrat Provinsi Bali, I Made Mudarta. Sang politisi senior asal Bumi Makepung itu, berharap pembukaan pariwisata internasional tidak diundur kembali.

1bl#ik-7/6/2021

“Tidak bisa ditutupi masyarakat kita sudah sangat jengkel ya. Harapan akan dibuka, tapi faktanya diundur- undur terus. Alasannya masih dikaji. Terus begitu kan? Padahal mereka adalah eksekutif yang memegang kebijakan yang tugasnya mengeksekusi bukan lembaga pengkajian. Sesungguhnya masyarakat Bali adalah masyarakat yang sangat taat Prokes. Artinya masyarakat Bali sangat saat pemerintah membuka border (batas, red) dan masyarakat internasional sudah bisa kembali masuk ke Indonesia, khususnya Bali,” ucapnya di Denpasar, Rabu (16/6/2021).

Mudarta menilai vaksinasi Covid-19 yang sukses di Bali menjadi alasan kuat pariwisata internasional kembali dibuka di Pulau Dewata. Bahkan persentasenya mencapai lebih dari 50% bahkan 100%, khususnya di zona-zona hijau pariwisata alias green zone di Nusa Dua, Sanur, dan Ubud. “Harapan kita itu menjadi promosi bagi pemerintah. Harapan kita benar bulan Juli ini dibuka, benar dibuka. Jangan di-PHP (diberikan harapan palsu, red) lagi. Masyarakat Bali sudah capek menerima PHP. Dengan demikian (border kembali dibuka, red) ekonomi akan kembali menggeliat,” tandas Mudarta.

1bl-bn#7/1/2020

“Sebab kalau isi dompet masyarakat kosong, dapur tidak mengepul, tentu daya tahan fisik masyarakat akan lemah. Begitu juga psikologis masyarakat. Tuntutan untuk bayar sekolah, beli 0sembako, pulsa listrik tidak bisa distop. Kalau ekonomi bergerak dan pariwisata dibuka saya yakin masyarakat akan semakin strong,” tandasnya. ija/ama

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close