Olahraga dan Pendidikan

Pascasarjana Unud Lakukan Evaluasi Kemajuan Studi Semester I

Kawal Proses Belajar Mahasiswa PMDSU


Badung, PancarPOSPascasarjana Universitas Udayana (Unud) kembali dipercaya oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai salah satu penyelenggara beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) batch VII yang dimulai pada tahun 2023 lalu. Pada batch VII ini, Pascasarjana Unud menerima 2 mahasiswa yang kompeten dan memenuhi syarat seleksi penerima beasiswa PMDSU maupun seleksi dari Unud.

Dalam penyelenggaraannya, Kemendikbudristek mensyaratkan perguruan tinggi penyelenggara mempunyai tim unit kawal khusus yang bertujuan untuk mendukung keberhasilan program PMDSU antara lain lulus tepat waktu dan memenuhi ketentuan publikasi internasional yang disyaratkan. Berlatar belakang kewajiban tersebut, Pascasarjana Unud lakukan evaluasi kemajuan studi bagi mahasiswa penerima beasiswa PMDSU Batch VII semester I pada Kamis, 4 Januari 2024.

Berkesempatan hadir pada kegiatan evaluasi ini adalah Direktur Pascasarjana Unud, para Wakil Direktur, Tim Unit Kawal, para Koordinator Program Studi (Koprodi) terkait, para promotor serta mahasiswa penerima beasiswa PMDSU.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. I Wayan Budiasa, SP, MP, IPU ASEAN Eng selaku Direktur Pascasarjana Unud menyampaikan, kegiatan evaluasi ini selain merupakan kewajiban sebagai penyelenggara, namun juga merupakan wadah diskusi agar pelaksanaan program ini berjalan dengan lancar. “Diharapkan melalui kegiatan evaluasi ini bisa menjadi tempat untuk berdiskusi apabila ditemukan adanya kendala-kendala dalam pelaksanaan program ini. Silakan disampaikan apa yang menjadi kendala sehingga bisa kita diskusikan untuk mencari solusi bersama agar pelaksanaan program berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Prof. dr. Pande Putu Januraga, M.Kes, DrPH selaku promotor dari Ni Kadek Sudastri, mahasiswa penerima beasiswa menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan program ini dan menyarankan promosi program ini agar diperluas lagi sehingga bisa lebih banyak menjaring mahasiswa. Sejalan dengan saran dari Prof. Pande, Prof. Ir. I Wayan Redana, M.A.Sc, Ph.D yang merupakan promotor dari I Kadek Edy Suhendrawan juga turut menyampaikan hal yang sama agar jangkauan program beasiswa ini semakin luas. Selain itu, para promotor juga melaporkan perkembangan studi dari mahasiswa bimbingannya yang hingga saat ini, para mahasiswa telah menyelesaikan separuh dari total satuan kredit semester (SKS) yang harus dijalani dalam menempuh pendidikan magister. Hal ini merupakan perkembangan yang bagus, mengingat target garis waktu yang harus dilalui para mahasiswa agar bisa lulus tepat waktu.

“Pada penyelenggaraan PMDSU batch selanjutnya, Pascasarjana Unud sangat berharap bisa memberikan kontribusi yang lebih banyak, baik dari segi mahasiswa maupun program studi penyelenggara, tidak hanya dari sisi kuantitas, dari sisi kualitas juga sangat diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih banyak pula,” tutup Prof. Budiasa.

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas4256-Kawal-Proses-Belajar-Mahasiswa-PMDSU-Pascasarjana-Unud-Lakukan-Evaluasi-Kemajuan-Studi-Semester-I.html

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button