Olahraga dan Pendidikan

Prof. Bakta: Tulis Buku Harus Jadi Budaya, PT Bali Internasional Press Bedah Buku “Metodologi Penelitian Kedokteran dan Kesehatan”


Denpasar, PancarPOS | Di masa pandemi Covid-19, Bali Internasional Press menggelar Bedah Buku “Metodologi Penelitian Kedokteran dan Kesehatan” dengan Komentator Prof. Dr. Pande Putu Januraga, M.Kes., PHD dan Prof. Dr. dr. I Wayan Putu Sutirtayasa, M.Si., di Kampus UNBI, Denpasar, Jumat (8/10/2021). Setelah sukses menerbitkan Buku Asta Mandiri dengan Pengarang Prof Dasi Astawa pada tanggal 9 Februari 2021, PT Bali Internasional Press kembali menerbitkan “Metodologi Penelitian Kedokteran dan Kesehatan” yang dikarang oleh Prof.Dr.dr. I Made Bakta, Sp.PD-KHOM yang juga Rektor Universitas Bali Internasional (UNBI).

1bl#il-10/9/2021

Bedah buku ini, juga sebagai rangkaian kegiatan dalam rangka Dies Natalis ke-6 UNBI puncaknya pada tanggal 10 Oktober 2021. Pada kesempatan itu, Prof Bakta berharap meskipun dalam kondisi pandemi, seluruh civitas akademika, terutama para dosen UNBI tetap bersemangat untuk menulis buku dan jurnal. Karena menulis buku harus selalu ditanamkan oleh para akademisi kampus sebagai budaya tulis. “Buku adalah ekspresi kita, memang tidak mudah membuat buku, perubahan budaya lisan menjadi budaya tulis,” ucap Prof Bakta.

Apalagi fungsi buku sangat penting dan berguna untuk menambah ilmu dan wawasan bagi pada dosen termasuk mahasiswa UNBI. Untuk itulah, diharapkan buku yang diterbitkan itu dapat bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa untuk sikripsi, tesis, dan disertasi. Pada kesempatan yang sama, pihaknya sekaligus memberikan apresiasi PT Bali Internasional Press sejak berdirinya yang sudah mampu menerbitkan sebanyak dua buku. Apalagi disadari buku itu masih ada kekurangan, sehingga untuk terbitan berikutnya akan dilengkapi dengan panduan-panduan teknis pembuatan proposal sikripsi, tesis dan disertasi.

1bl#ik-21/7/2021

Selanjutnya, UNBI harus juga bisa melahirkan para Guru Besar UNBI dari kampus secara mandiri, karena saat ini guru besar terlahir dari kampus lain. Terkait terbitnya buku ini, karena sifatnya merupakan buku ilmiah, tentu buku ini sebagai upaya untuk merangsang para dosen supaya terus membuat buku, untuk kepentingan pengajaran, perkuliahan dan sebagainya. “Buku Metodologi ini hampir bisa digunakan untuk semua jurusan dan program studi. Karena pada akhirnya semua akan berakhir dengan penelitian, baik itu S1 Skripsi penelitian, S2 Tesis penelitian, S3 disertasi penelitian,” katanya disela bedah buku.

Di sisi lain, Ketua Yayasan Anugerah Husada Bali Indonesia Dr. Drs. I Nyoman Gede Astina, M.Pd., CHA., CHT., juga mengaku merasa sangat berbahagia dan berbangga dengan terbitnya buku tersebut di masa sulit saat ini. Oleh karena, karya tersebut telah dinanti mahasiswa dan dosen untuk kemajuan pendidikan yang lebih berkulitas menuju Indonesia Maju. “Saya berikan apresiasi kepada Prof Bakta yang kebetulan sebagai Rektor kami dan sebagai penglingsir tentu bisa jadi panutan bagi dosen muda dalam mengikuti jejak beliau,” ungkapnya.

1bl#ik-5/3/2021

Prod Bakta selama ini dinilai tidak henti hentinya berkarya demi kemajuan kampus, sehingga para dosen muda diminta jangan sampai kalah dengan semangatnya. Direktur Utama PT Bali Internasional Press, Ns. I Gusti Ngurah Made Yudhi Saputra, S.Kep., M.M menamahkan, pihaknya baru mampu terbitkan dua buku. Selanjutnya, diharapkan ada karya lain diterbitkan kembali, karena kehadiran buku sebagai jendela dari universitas. “Buku dapat meningkatkan mutu pendidikan SDM Bali dan Indonesia,” tutupnya.

Bedah buku dilaksanakan secara online dan offline, untuk online diundang Ketua BEM, Hima dan UKM di lingkungan UNBI serta mahasiswa. Untuk undangan offline berasal eksternal UNBI, di antaranya Ketua Aptisi, Ketua Yayasan dan Pengurus Rektor/ Direktur/ Ketua Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan LLDIKTI Wilayah VIII.

1th-ksm#5/2/2021

Diketahui sebelumnya, UNBI meresmikan PT. Bali Internasional Press sekaligus launching buku pertama “Asta Mandiri” oleh Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si. pada Selasa (9/2/2021) di Kampus UNBI. Hadir pada acara tersebut Wakil Gubernur Bali, Kepala BI KPw Bali, Ketua GIPI Bali, Direktur ITDC, dan beberapa pimpinan kopertis serta pimpinan perguruan tinggi di Bali. Rektor UNBI Prof. Dr.dr. Made Bakta, Sp.PD – KHOM mengatakan, PT. Bali Internasional Press merupakan badan penerbit yang dimiliki sepenuhnya oleh UNBI. Momen ini juga menjadi ajang memperlihatkan bahwa UNBI juga bekerja di bidang ilmiah untuk mendorong dosen melakukan penerbitan dan mempublikasikannya.

Kegiatan ini selain melaunching PT. Bali Internasional Press juga sekaligus memperkenalkan pada publik yaitu kampus UNBI. PT. Bali Internasional Press merupakan percetakan tidak hanya untuk kepentingan internal tapi juga eksternal. Pada hari itu juga dilakukan peluncuran buku Prof. Nengah Dasi Astawa yang di cetak di percetakan  PT. Bali Internasional Press. Dengan adanya percetakan ini, akan semakin memudahkan para dosen untuk membukukan hasil Рhasil penelitiannya karena kewajiban dosen tidak hanya mengajar tapi juga meneliti. Perguruan tinggi (PT) sangat berkepentingan dengan buku dan percetakan seperti PT. Bali Internasional Press karena PT adalah tempat berbagi ilmu. aya/ama/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close