Gaya Hidup dan Kuliner

“Cochosyn” Produk Cokelat Probiotik Inovasi FTP Unud


Denpasar, PancarPOS | ”Cochosyn” merupakan produk cokelat yang bukan sekedar cokelat, melainkan Cokelat Probiotik. Cokelat Probiotik (Cochosyn) merupakan salah satu hasil penelitian inovasi kerja sama antara Pusat Kajian Probiotics and Gut Health, Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) dan PT. Cau Coklat Internasional.

1bl#ik-27/2/2022

Peneliti dari FTP Universitas Udayana Dr. Ir. Komang Ayu Nocianitri, M.Agr.Sc menerangkan proses pembuatan cokelat biasanya melalui beberapa tahapan seperti pengadonan, penghalusan dan ‘conching’. Dalam proses pembuatan Cochosyn menggunakan bahan dasar cokelat dan bahan tambahan yaitu bakteri probiotik dan tepung pisang khusus yg bersifat prebiotik. Fungsi dari tepung pisang khusus yang bersifat prebiotik ini adalah untuk membantu pertumbuhan bakteri probiotik.

1bl#ik-28/2/2022

Jadi produk ini dilabel Cochosyn yang berarti cokelat dengan sinbiotik (prebiotik dan probiotik) dimana prebiotik adalah makanan dari probiotik. Produk Cochosyn ini sangat bemanfaat untuk menyehatkan saluran cerna. Selain itu juga dapat meningkatkan stimulasi bakteri menguntungkan dalam saluran cerna dan meningkatkan integritas mukosa saluran cerna serta meningkatkan penyerapan gizi dan imunitas.

1bl#ik-26/2/2022

Tim peneliti produk cokelat probiotik ini terdiri dari Ir. I Nengah Sujaya,M.Agr.Sc.Ph.D., Dr. Ir. Komang Ayu Nocianitri, M.Agr.Sc., dr. Ni Nengah Dwi Fatmawati, S.Ked., Sp.MK.(K), Ph.D, dr. Ni Nyoman Metriani Nesa, M.Sc.,Sp.A., dr. Ni Wayan Arya Utami, M.App.Bsc., Ph.D. Inovasi-inovasi selanjutnya akan dikembangkan untuk penyempurnaan produk cokelat Cochosyn ini. mas/ama
Sumber: www.unud.ac.id

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button