Daerah

1,5 Jam Divaksin Covid-19 Perdana, Sekda Karangasem Tidak Merasa Apa-apa


Karangasem, PancarPOS | Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Karangasem, I Ketut Sedana Merta yang juga Sekretaris Daerah Karangasem menjadi salah satu orang pertama yang mengikuti vaksinasi Covid-19 perdana di Ruang Imunisasi, Puskesmas Karangasem I, Selasa (26/1/2021) siang. “Saya tidak merasa apa-apa, sudah 1,5 jam divaksin tidak gejala. Makanya masyarakat tidak perlu takut dengan informasi yang hoax terkait vaksin” kata Sedana didampingi Kabag Humas Protokol Pemkab Karangasem, Edi Setiadi Dwijantoro.

1th#ik-11/10/2020

Vaksin yang diberikan semua sama yaitu jenis Sinovac yang sudah diedarkan diseluruh Indonesia, dimana setelah divaksin akan di observasi 30 menit, di beri kartu elektronik yang berisikan nomer Handphone petugas dan tanggal kedatangan kembali, karna vaksin dilakukan dua kali yaitu 14 hari setelah vaksin pertama. Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat menyukseskan program vaksinasi Covid-19 karena kebijakan pemerintah pusat sudah dipertimbangkan dengan baik dalam membentuk imun dan percepatan memulihkan ekonomi.

Program vaksinasi patut didukung penuh, tahap pertama tentunya mengutamakan 2011 tenaga kesehatan Karangasem berserta Forkopimda dan Tokoh Masyarakat. Sebelum divaksin, peserta akan didata dan di cek kesehatan terlebih dahulu, bebas dari riwayat penyakit pembekuan darah yang tidak terkontrol. Tidak memiliki gangguan penyakit kronis, seperti penyakit jantung, ginjal, hati, hipertensi, diabetes melitus, dan tumor yang tidak terkontrol. Tidak memiliki riwayat gangguan sistem imun atau menjalani terapi yang mengganggu sistem imun dalam empat minggu terakhir. Tidak memiliki riwayat penyakit epilepsi atau gangguan penurunan fungsi saraf.

1th-ks#1/7/2020

Vaksin butuh waktu untuk bekerja merangsang imun tubuh, maka dirinya akan ada vaksin tahap kedua lagi pada tanggal 9 Februari mendatang. Kegiatan tersebut diawali oleh Forkopimda untuk memberikan contoh kepada masyarakat dan memastikan vaksin jenis Sinovac layak. Sejumlah tokoh publik dari kalangan muda juga terlihat mengikuti vaksin perdana yang dimulai oleh Presiden Joko Widodo bertempat di Istana Merdeka, Rabu (13/1/2021) yang lalu. Begitu juga, Gubernur Bali, Wayan Koster menerima suntikan pertama vaksin Covid-19 di Provinsi Bali, Kamis (14/1/2021) di Rumah Sakit Bali Mandara (RSBM), Sanur Kauh, Kota Denpasar.

Bahkan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan, bahwa dilibatkannya generasi muda itu untuk mewakili masyarakat kaum milenial dan bisa menjadi contoh. Seperti Raffi Ahmad yang hadir dalam penyuntikan vaksin perdana tersebut, diharapkan dapat mendorong kalangan milenial agar turut serta mensukseskan program vaksinasi Covid-19. Namun, Sedana Merta mengingatkan setelah vaksinasi tidak boleh malah lengah dalam menerapkan protokol kesehatan 3M, memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.

1bl/bn#23/1/2021

Untuk itu, dalam program vaksinasi yang terus berjalan, pelibatan tokoh-tokoh muda akan dilakukan dengan hati-hati. Karena para tokoh muda tersebut harusnya bisa bekerjasama dalam menjaga kesuksesan vaksinasi. Dan para pengikutnya pun akan teredukasi terkait program vaksinasi Covid-19. Saat ini, Karangasem baru mendapatkan vaksin 4400 vial dan tiba digudang farmasi Kab. Karangasem pada 25 januari 2021 pada pukul 15.00 Wita tentunya dengan pengawalan TNI/Polri. “Hari ini pencanangan kick off dimulai dari Forkopimda dan Tokoh Masyarakat, kemudian akan didistribusikan ke 15 fasyankes yaitu 12 puskesmas, 2 Rumah Sakit dan 1 KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Padang Bai, dan untuk tingkat fasilitas pelayanan kesehatan besok serentak untuk tahap I vaksin akan diberikan kepada Tenaga Kesehatan yang berjumlah 2.211 vial,” katanya.

Pada tahap I, akan dilanjutkan tahap II yang diberikan kepada pelayanan publik TNI/Polri, Satpol PP dan petugas yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tahap III kelompok masyarakat umur 18-59 tahun dari 450 ribu penduduk yang sehat yang berdasarkan NIK yg tertera di Disdukcapil dan akan mendapatkan sms atau di informasikan oleh Babinkamtibmas. aya/ama

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close