Politik dan Sosial Budaya

Pj Bupati Gianyar Lempar Tanggung Jawab, Omon-omon Cairkan Hibah Bansos


Gianyar, PancarPOS | Wakil Ketua DPRD Gianyar, IB Gaga Adi Saputra menyatakan kesedihan, sekaligus makin kecewa dengan sikap Pejabat (Pj) Bupati Gianyar, I Dewa Gede Wirasa. Di sejumlah media massa, Pj Bupati Gianyar ini, dengan enteng menyebutkan hibah Bansos yang belum cair, ranahnya ada di OPD masing-masing. “Penyataan normatif dan naif ini menandakan Pj ini melempar tanggung jawabnya sebagai Pj kepada OPD yang nota bene adalah bawahannya,” sentil Gus Gaga sapaan akrabnya itu, kepada PancarPOS.com, pada Minggu, 21 Januari 2024.

1th#ik-003.19/1/2024

Pernyataan ini, sekaligus membenarkan tudingan mantan Sekda Bupati Gianyar itu sebelumnya, bahwa Pj Bupati Dewa Tagel ini sudah “tidak dianggap” oleh bawahannya. “Perintahnya sama skali tidak digubris oleh bawahannya. Lalu untuk apa bertahan jadi Pj Bupati? ” sentil politisi Partai Demokrat itu. Selain itu, Gus Gaga menilai aneh, karena Ngakan Putra selaku Ketua Fraksi Indonesia Raya mendadak berstatemen seakan-akan menjadi Jubir Pj Bupati Gianyar. Ia mempertanyakan, apa karena hibah dan Bansosnya yang difasilitasi sudah cair semua, sehingga sudah tidak ada beban dikejar-kejar dengan berbagai pertanyaan oleh masyarakat?

1bl#ik-100.31/12/2023

“Pernahkah dia memikirkan nasib masyarakat dan teman-teman sesama anggota dewan yang lain, bahkan anggota fraksi yang dipimpinnya, ketiga-tiganya dari Partai Gerindra. Coba tanya apa sudah cair hibah Bansosnya? Tiga anggota fraksi itu malah curhat ke saya. Mereka meminta saya untuk bantu memperjuangkan, dan saya merasa hal ini juga menjadi kewajiban saya sebagai salah seorang pimpinan dewan,” beber Gus Gaga yang kembali maju menjadi Caleg DPRD Gianyar Dapil 1 Gianyar nomor urut 1 dari Partai Demokrat ini, seraya menegaskan perjuangan ini bukan untuk kepentingan pribadi, melainkan juga kepentingan anggota dewan lainnya, khususnya kelompok masyarakat yang hak-haknya dikebiri oleh penguasa demi kepentingan politiknya.

1bl#ik-098.31/12/2023

Gus Gaga menambahkan, atas permintaan anggota dewan lainnya, meminta memfasilitasi dan mendampingi menemui Pj Bupati Gianyar di Kantor Bupati Gianyar, pada 15 Desember 2023. Dari beberapa wakil rakyat itu, juga hadir termasuk Ketua Fraksi Golkar, Made Suteja. “Saat itu, kami mendapat angin sorga, bahwa hibah Bansos akan cair. Tapi faktanya hanya omon-omon saja. Kami ini sudah cukup bersabar, tapi kali ini saya tidak main-main. Saya dengan beberapa anggota dewan sudah sepakat, jika saudara Pj Bupati tidak memberikan penjelasan tentang kepastian hibah Bansos itu, maka kami akan mendampingi kelompok- kelompok masyarakat untuk mendatangi Pj Bupati,” katanya.

2bl#bn-090.12/12/2023

Senada dengan Ida Bagus Gaga, Anggota Fraksi Golkar, I Made Togog menegaskan, saat bersama masyarakat mendatangi Pj Bupati Gianyar akan meminta agar mereka diberikan penjelasan. Jika perlu buka ke publik semua data hibah bansos yang sudah dan yang belum cair. “Biar masyarakat luas tahu bahwa betapa sistem pemerintahan yang dipimpin Pj Bupati ini sedang mempraktikkan ketidakadilan dalam distribusi hibah Bansos yang menjadi hak-hak masyarakat,” imbuhnya. Sayangnya sampai saat ini, dihubungi secara terpisah Pj Bupati Gianyar, Dewa Gede Tagel Wirasa belum juga menjawab sampai berita ini diturunkan. tim/ama

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button