Politik dan Sosial Budaya

Made Urip Tebar Ikan Lele Sistem Bioflok Senilai Rp166,64 Juta


Tabanan, PancarPOS | Anggota Komsi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Drs. I Made Urip, M.Si., bersama Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM., secara simbolis melakukan Penebaran Benih Bantuan Budidaya Ikan Lele Sistem Bioflok Tahun 2021 di Pokdakan Mina Dharma Bakti, Desa Riang Gede, Penebel, Tabanan, Minggu (19/9/2021). Bantuan yang diperjuangkan Wakil Rakyat Sejuta Traktor yang akrab disapa M-U ini, sebagai program aspirasi yang diperjuangkan melalui Balai Produksi Induk Udang Unggul dan Kekerangan Karangasem. Kegiatan Ketua DPP PDI Perjuangan membidangi Pertanian, Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini, dengan mengikuti protokol kesehatan yang dihadiri Sekda Tabanan, Kadis Perikanan dan Kelautan Tabanan, Kabag Humas dan Protokol Setda Tabanan, Camat Penebel beserta Ketua PAC PDI Perjuangan Penebel.

1bl#ik-21/8/2021

Ketua Pokdakan Mina Dharma Bakti, I Made Saka Saputra nampak sangat berbahagia mendapat bantuan dan kunjungan langsung Anggota Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI ini, bersama Bupati Sanjaya, sekaligus melakukan monitoring realisasi bantuan dari Kementerian Perikanan dan Kelautan senilai Rp166,64 juta tersebut. Ia pun mengucapkan terimakasih atas bantuan Uade Urip serta perhatian Bupati Sanjaya kepada kelompok yang berdiri tahun 2019 dengan 13 anggota ini. “Kelompok kami sudah memiliki budidaya lele dan nila di sawah serta ikan kaper. Tahun 2021 mendapat bantuan bioflok ikan lele dengan 8 kolam berukuran diameter 3 meter. Jadi ke depan kita harapkan bisa terus diperhatikan oleh Pak Made Urip dan dibimbing agar bisa terus berkembang,” pintanya.

Di sisi lain, Plt. Kepala Balai Produksi Induk Udang Unggul dan Kekerangan Karangasem, I Gusti Putu Agung mengakui bantuan ini berkat program aspirasi yang difasilitasi dan diperjuangkan oleh Made Urip untuk meningkatkan pendapatan masyarakat pedesaan. Apalagi budidaya ikan lele dengan sistem bioflok ini sangat praktis, mudah dipelihara dan mempunyai nilai ekonomi yang tinggi saat di masa pandemi. Karena itu, telah disiapkan 8 dari 12 paket bantuan sarana dan prasarana budidaya ikan lele sistem bioflok di Bali dan sisanya di Jawa Timur. “Khusus di Bali tersebar di Kabupaten Tabanan, Buleleng, Bangli Badung, dan Jembrana,” bebernya, seraya mengatakan kegiatan penebaran benih ikan lele ini akan meningkatkan produksi ikan air tawar di Tabanan yang baru dikonsumsi sekitar 30 ton per tahun.

1bl#il-10/9/2021

“Kita ingin mengenalkan budidaya ini untuk meningkatan produksi ikan lele. Untuk itu diharapkan, agar dijaga dan dimanfaatkan secara maksimal, sehingga bisa berkembang dan membantu taraf hidup masyarakat,” tutupnya. Pada kesempatan itu, Bupati Sanjaya menyampaikan bantuan ini sebagai program aspirasi yang dipasilitasi oleh Made Urip, sekaligus juga ikut mengucapkan terimakasih kepada Anggota DPR RI lima periode dengan 255.130 suara terbanyak Dapil Bali dan ranking ketujuh nasional itu, karena telah mendukung program budidaya ikan air tawar dengan sistem bioflok. “Tempatnya sangat bagus dan konsepnya sangat baik dan sekarang sudah ada 7 unit bioflok tersebar di Kabupaten Tabanan berkat Pak Made Urip. Ke depan Pak Urip membantu jangan hanya ikan lele saja, tapi juga ikan nila, termasuk udang yang nilai jualnya juga sangat baik. Apalagi tempat seperti ini sangat keren dikembangkan dengan alih teknologi yang luar biasa,” paparnya.

Usai meninjau bantuan bioflok, Made Urip menegaskan kebijakan dan program yang dibawa ke daerah sesuai keputusan Komisi IV DPR RI untuk menggarap sektor perikanan baik di laut maupun di darat, terutama budidaya ikan air tawar sesuai dengan potensi daerah. Terbukti sudah banyak yang diperjuangkan ke seluruh Bali, termasuk 7 unit bantuan bioflok di Tabanan yang sudah berproduksi dengan baik. “Sekarang bagaimana caranya memanfaatkan bantuan ini, agar bisa efektif dan menghasilkan untuk menggerakan ekonomi di desa. Jangan hanya hangat-hangat tahi ayam, tidak boleh lagi begitu, karena sepeser pun uang negara harus dipertanggungjwabkan,” tegas politisi senior asal Desa Tua, Marga, Tabanan ini. Sebagai wakil rakyat di Senayan, M-U mengaku akan selalu bergerak membantu bersama Bupati Tabanan lewat sektor perikanan dan kelautan, terutama di budidaya ikan lele ini. Apalagi gizi ikan lele tidak kalah dengan salmon, sehingga produktifitasnya harus terus ditingkatkan dengan sosialisasi gemar makan ikan, agar produksi dan konsumsi ikan bisa bertambah.

1bl#ik-21/7/2021

“Biofilok ini sangat bagus dikembangkan, sehingga dengan budidaya ikan lele hidup masyarakat desa akan tangguh. Saya berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan memberikan efek ekonomi bagi desa di masa depan,” pungkas M-U. ama/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close