Internasional

Wabup Suiasa Terima Kunjungan Konjen Jepang

Jalin Kerjasama di Bidang Pariwisata, Investasi dan Infrastruktur


Badung, PancarPOS | Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi Kadis Pariwisata diwakili Sekretaris Dinas Pariwisata A.A. Raka Yuda, menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Pemerintah Jepang di Bali, Mr. Miyakawa Katsutoshi di Puspem Badung, Kamis (11/7/2024). Kunjungan Konsulat Jenderal Jepang untuk melakukan silaturahmi dan perkenalan diri, karena Beliau baru satu bulan bertugas di Bali.

Dalam pertemuan tersebut, Wabup. Suiasa atas nama pemerintah dan masyarakat badung menyambut baik, mengapresiasi serta mengucapkan selamat atas penugasan Mr. Miyakawa Katsutoshi sebagai Konsulat Jenderal Jepang yang baru di Bali. Semoga senantiasa dilancarkan semua tugas-tugasnya. Dari pembicaraan tersebut disepakati peningkatan upaya kerjasama di berbagai sektor baik kualitas maupun kuantitasnya. Pertama akan meningkatkan sinergitas kerjasama di bidang pariwisata. Karena wisatawan Jepang merupakan pangsa pasar yang potensial dan selalu masuk 10 besar negara yang berkunjung ke bali. Demikian pula Pemkab Badung senantiasa membuka ruang dan peluang bagi pemerintah Jepang untuk berinvestasi di Bali khususnya Badung. “Dalam berbagai kesempatan kita telah melakukan kerjasama investasi yang begitu besar dengan Jepang, seperti penataan pantai Samigita termasuk Tuban serta investasi sektor ekonomi lainnya,” jelasnya.

Ditambahkan pula, warga Jepang yang tinggal di Bali dan Badung tentunya telah memberi kontribusi yang positif dan produktif bagi Badung. “Ini akan kita dorong terus, kita perkuat kerjasama ini, sehingga investasi pemerintah dan masyarakat Jepang di Badung juga berkelanjutan dan bisa ditingkatkan,” imbuhnya. Selain itu Wabup. Suiasa juga mendorong kerjasama di bidang peningkatan infrastruktur, pengembangan teknologi informasi di badung serta penanganan masalah-masalah sosial. “Harapan kita kerjasama ini sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak antara Pemerintah Badung dengan Jepang. Sebagai tindak lanjut nanti kita adakan pembicaraan lebih teknis, detail dengan instansi terkait sesuai sektor dan bidangnya. Mudah mudahan dengan kerjasama ini percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di badung dapat dipertahankan kedepan,” harapnya.

Konjen Jepang, Miyakawa Katsutoshi menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Badung dan Wakil Bupati Badung atas penerimaan yang begitu hangat ini. Kunjungan ini sebagai bentuk silaturahmi dan memperkenalkan diri sebagai Konjen Jepang yang baru bertugas di Bali dengan mewilayahi NTT dan Nusa Tenggara. Ia juga sangat mengapresiasi sinergitas antara pemerintah Jepang dengan Bali khususnya Badung sudah berjalan dengan baik dan kedepannya dapat ditingkatkan. Disebutkan, warga Jepang yang tinggal di Bali sebanyak 2.300 orang. Dari jumlah tersebut ada 900 orang tinggal di badung. Selain itu diharapkan terciptanya kondisi aman dan aman di Bali tetap terjaga sehingga sektor pariwisata dan pembangunan di sektor lainnya dapat berjalan dengan baik. “Semoga kerjasama yang baik selama ini dapat terus ditingkatkan, sehingga pembangunan semakin merata di segala sektor,” jelasnya. mas/ama/*

Baca Juga :


Back to top button