Olahraga dan Pendidikan

Selangkah Lebih Maju, UNBI Gelar Sidang Terbuka Senat Serangkaian Dies Natalis ke-6


Denpasar, PancarPOS | Universitas Bali Internasional (UNBI) menggelar Sidang Terbuka Senat UNBI ke-6 serangkaian Dies Natalis ke-6 UNBI pada Minggu (10/10/2021). Sidang Terbuka Senat UNBI berlangsung secara hybrid, online dan offline. Secara offline, yang diikuti tidak lebih dari 40 peserta. Dalam acara yang berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat itu, hadir Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VIII, Ketua Forum Rektor Bali, Ketua Aptisi Bali Wilayah VIII A, Ketua Yayasan Anugerah Husada Bali Bali, Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta.

1bl#il-10/9/2021

Dengan tema “Memanfaatkan Tantangan Menjadi Peluang Dalam Pengembangan UNBI”, perayaan Dies Natalis ke-6 berlangsung secara sederhana mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19, sama halnya dengan perayaan Dies Natalis ke-5 tahun lalu. Rektor UNBI Prof. Dr.dr. Made Bakta, Sp.PD., KHOM.menuturkan di awal pembentukanya UNBI bernama Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali  sejak 2015, yang baru beroperasional 2016. Kemudian mengalami perubahan bentuk menjadi UNBI sejak 10 Oktober 2019.

“UNBI terus mengembangkan diri menjadi Perguruan Tinggi (PT) yang Profesional, Unggul dan Berbudaya di Tingkat Nasional dan Internasional pada tahun 2035. Untuk mewujudkan hal tersebut, selama tahun 2020/2021 telah diusulkan pengembangan prodi baru yaitu Program Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medik yang sedang berproses,” ungkapnya. Prof Bakta menjelaskan, pengusulan alih kelola dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Denpasar (STIA) untuk Program Studi Administrasi Niaga dan Administrasi Negara sedang berjalan, yang disertai bonus pengajuan Program Studi Hukum dan Program Studi Hubungan Internasional sedang berproses. Pengusulan Program Studi Profesi Fisioterapi yang proposal sudah selesai, dan menunggu waktu yang tepat untuk diunggah.

1bl#ik-21/7/2021

UNBI juga telah melakukan kurikulum mayor untuk lima program studi (Prodi) yaitu Prodi Fisioterapi, Prodi Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Prodi Manajemen Informasi Kesehatan, Prodi Farmasi Klinis dan Prodi Teknologi Laboratorium Medik. Sementara tiga Prodi sedang akan dilakukan peninjauan kurikulum mayor yaitu Prodi Administrasi RS, Prodi Psikologi, dan Prodi Teknik Elektromedik. “Dalam waktu 1 tahun, lima Prodi telah melakukan akreditasi, yaitu Prodi Manajemen Informasi Kesehatan, Prodi Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Prodi Fisioterapi, Prodi Teknik Elektromedis, dan Prodi Psikologi. UNBI juga telah melewati masa kritis yaitu 1.000 total mahasiswa, karena jumlah mahasiswa (total student body), UNBI sudah mencapai 1.179 mahasiswa aktif,” paparnya.

Hal yang sama juga dikatakan, Kepala LLDikti Wilayah VIII Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si., mengakui bahwa UNBI selangkah lebih maju dari universitas swasta lainnya, sebab UNBI memiliki kualitas SDM unggul yang konsen untuk mengembangkan UNBI di dunia pendidikan. “Saya bangga dan senang UNBI memiliki inovasi dan saya yakin UNBI akan menjadi kampus besar dan banyak diminati,” ucapnya. Dasi Astawa juga memaparkan, UNBI untuk meraih kesuksesaan SDM-nya harus memiliki pemikiran yang luas, menggunakan energinya dengan maksimal. Apalagi jika digabungkan pemikiran dengan energi, sehingga sangat jelas menjadi kerjasama yang baik ditambah lagi dengan komunikasi yang akan menghasilkan karya lebih nyata. “Saya ingin kalau tamatan UNBI memiliki wawasan yang praktis yang dibutuhkan oleh pasar,” harapnya.

1bl#ik-5/3/2021

Sedangkan Ketua Yayasan Anugrah Usadha Bali Dr.Drs.I Nyoman Gede Astina, M.Pd., menjelaskan pada dasarnya UNBI banyak yang sudah bisa diraih, terutama dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, sehingga pihaknya akan terus mendorong SDM UNBI seperti halnya para Dosen UNBI harus memiliki jenjang pendidikan lebih tinggi. Tidak hanya pendidikan saja, tetapi jabatan fungsional juga harus didukung agar lahir Guru Besar yang dicetak dari Kampus UNBI, bahkan dari segi fasilitas pihaknya juga berupaya optimal. “Kita semua harus berinovasi demi meningkatkan produktifitas yang otomatis profitnya akan semakin meningkat, demi untuk meningkatkan pengembangan Kampus UNBI,” pungkasnya. tra/ama

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close