Daerah

Bupati Giri Prasta Hadiri Pujawali Pura Bhagawan Penyarikan


Badung, PancarPOS | Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri acara Melaspas dan Pujawali Pura Bhagawan Penyarikan sekaligus menandatangani Prasasti, Sabtu (3/6/2023) di Banjar Batanasem Sempidi, Kecamatan Mengwi, Badung. Turut hadir dalam kesempatan ini anggota DPRD Provinsi Bali I Bagus Alit Sucipta, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana serta Tripika Kecamatan Mengwi, Lurah Sempidi I Gst Ayu Kade Oka Dewi Pertiwi, tokoh masyarakat I Komang Merta Jiwa, Calon Anggota DPRD Badung Dapil Mengwi I Made Putra Wijaya, Bendesa Adat Sempidi dan Kwanji, Saba Desa Adat Sempidi I Putu Eka Merthawan serta masyarakat setempat.

1bl#ik-041.14/5/2023

Dalam kesempatan ini Bupati Giri Prasta memberi punia untuk acara melaspas sebesar Rp10 juta, I Bagus Alit Sucipta Rp5 juta, I Komang Merta Jiwa Rp5 juta dan I Made Putra Wijaya Rp5 juta. Acara Melaspas dan Pujawali Pura Bhagawan Penyarikan Batanasem Sempidi dipuput oleh Ida Peranda Istri Griya Gede Manuaba dari Griya Gede Manuaba Banjar Tegeha Sempidi. Bupati Nyoman Giri Prasta mengawali sambrama wacananya mengucapkan rasa syukur kepada Ida Hyang Widhi Wasa karena telah diberikan keselamatan dan kerahayuan dalam pelaksanaan Upacara Melaspas dan Pujawali Pura Hyang Bhagawan Penyarikan Batanasem Sempidi.

Dirinya berpesan masyarakat harus berpedoman pada ajaran Tri Hita Karana dan tetap bersatu dalam melaksanakan kegiatan upacara adat seperti saat ini. “Dengan bersatu masyarakat sudah membuatkan Jembatan Mas kepada generasi muda. Saya juga berharap kepada masyarakat, dalam melaksanakan upacara ini dilaksanakan dengan cara gotong royong, bersama-sama dengan rasa tulus ikhlas, agar apa yang kita laksanakan bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai yang diinginkan. Ini merupakan stiti bhakti kita kepada Ida Betara-Betari yang berstana di Pura Bhagawan Penyarikan,” pesannya.

Sementara itu Manggala Karya I Putu Gede Kartika Udayana, mewakili krama Banjar Batanasem mengungkapkan rasa bahagia dan ucapan terima kasih atas kehadiran Bapak Bupati Badung di acara melaspas dan pujawali di Banjar Batanasem. Disampaikan upacara ini terlaksana setelah rampungnya pembangunan balai Banjar Batanasem dan dana ini berasal dari bantuan dana hibah Bupati Badung tahun 2022 sebesar Rp2,6 miliar. Untuk dana melaspas dan pujawali berasal dari swadaya masyarakat kurang lebih menghabiskan dana Rp75 juta.

“Banjar Batanasem ini memiliki jumlah KK sebanyak 84 dan 6 pura yang kami empon di banjar ini diantaranya Pura Gunung, Pura Mataram, Pura Batanasem, Pura Beraban, Pura Tambangan Badung, dan Pura Manik Galih. Balai banjar bantuan hibah yang Bapak Bupati berikan kepada kami lewat Fasilitator Bapak Made Putra Wijaya bersama Ajik I Bagus Alit Sucipta. Dan dapat kami sampaikan pada tahap pertama dana hibah yang bapak bupati berikan di tahun 2018 sebesar Rp 1,4 miliar baru bisa menyelesaikan Pura Bhagawan Penyarikan dan struktur balai banjar saja. Tahap kedua tahun 2022 kami mendapat bantuan sebesar Rp 2,6 miliar untuk merampungkan Balai Banjar Batanasem,” jelasnya.¬†mas/ama/*

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button