Nasional

Rapimnas Kadin Bangkitan Pariwisata Bali, Ketum Kadin Bali Sambut Presiden Jokowi


Badung, PancarPOS | Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bali I Made Ariandi mengharapkan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin Indonesia Tahun 2021 menjadi momentum kebangkitan ekonomi Pulau Dewata. Acara tersebut yang dibuka Presiden Joko Widodo yang disabut Ketum Kadin Bali Made Ariandi bersama jajarannya. Rapimnas ditutup Wapres Maruf Amin yang digelar di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kabupaten Badung, Provinsi Bali selama dua hari 3-4 Desember 2021.

1bl#bn-10/11/2021

Dengan kehadiran rombongan Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid bersama Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia Anindya Bakrie selama dua hari sudah mampu mengisi sekitar 7.000 room hotel. Kegiatan itu ternyata membawa berkah untuk Bali. Hal tersebut dibuktikan dengan diikuti oleh 720 peserta yang mengikuti pembukaan, ditambah peserta yang mengikuti 1.240 orang lebih, belum lagi panitia yang dilibatkan seluruh totalnya mencapai 2.300 orang yang mengikuti acara Rapimnas Kadin, imbasnya kurang lebih 7000 kamar hotel dibooking oleh peserta Kadin selama acara berlangsung.

1bl#ik-7/11/2021

Turut hadir dalam acara Rapimnas Kadin tersebut antara lain Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah. Selain itu hadir pula Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Trenggono, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, dan Gubernur Bali Wayan Koster.

1bl#bn-07/11/2021

Dampak dari agenda Rapimnas Kadin Indonesia beserta dukungan awak media memberikan kontribusi dalam memulihkan sektor pariwisata yang sudah dua tahun terdampak pandemi. Rapimnas yang dihadiri seluruh perwakilan Kadin Daerah dari 34 Provinsi dan asosiasi yang tergabung dalam Kadin Indonesia. Untuk berkonsolidasi, menyamakan visi-misi dan program-program dari 4 pilar utama dalam membantu pemerintah mempercepat pemulihan kesehatan dan ekonomi di masa pandemi ini. Membawa efek domino untuk Bali dalam pemulihan ekonomi ditengah pandemi, bahkan okupansinya mencapai 20 persen.

1bl#ik-7/11/2021

Pandemi Covid-19 harus menjadi momentum untuk melakukan transformasi fundamental agar ketangguhan ekonomi Indonesia, khususnya di Bali. Mengingat Bali telah melaksanakan Peluncuran Peta Jalan Ekonomi Kerthi Bali oleh Presiden Joko Widodo. Presiden pun telah mengingatkan agar pariwisata di Provinsi Bali harus bertransformasi dari mass tourism menjadi green tourism, yaitu pariwisata berbasis sosial, budaya, dan lingkungan yang sejalan dengan nilai-nilai dan filosofi kearifan lokal Bali yang dapat membangun harmoni dan memuliakan alam. Dengan semangat untuk memuliakan alam, manusia dan budaya harus terus kita teruskan untuk menyongsong masa depan dan kita memiliki komitmen yang kuat untuk menerapkan green economy (ekonomi hijau).

1bl#ik-6/11/2021

Oleh karena itu, momentum Rapimnas harus dimanfaatkan untuk meningkatkan diri dan melakukan transformasi ekonomi secara besar-besaran dalam mewujudkan Bali era Baru. Kadin siap ikut menyukseskan Presidensi Business 20 (B20) untuk periode tahun 2022 setelah Indonesia resmi menerima estafet Presidensi B20 dari Italia pada B20 Summit yang diselenggarakan pada 7-8 Oktober 2021 di Roma, Italia. B20 adalah sebuah forum dialog global yang terdiri dari para pebisnis dunia, khususnya pebisnis dari negara-negara G20. Menjelang Presidensi Indonesia pada G20 Summit 2022, sepanjang tahun 2022, B20 Indonesia siap menggelar pertemuan, dialog dan merangkumkan opini pelaku usaha global dalam bentuk rekomendasi kebijakan (policy recommendations) untuk G20 Summit, yaitu konferensi tahunan yang diselenggarakan oleh 20 negara dengan perekonomian terbesar di dunia bersama dengan Uni Eropa.

1bl#ik-6/11/2021

Rangkaian kegiatan B20 Indonesia akan resmi dimulai pada tanggal 24-25 Januari 2022 melalui kegiatan Inception Meeting yang menandai dimulainya Presidensi B20 Indonesia. Selanjutnya, rangkaian pertemuan tingkat task force dan side event akan berlangsung sepanjang tahun 2022. Pertemuan akan mencapai puncaknya dalam B20 Indonesia Summit yang direncanakan pada tanggal 20-21 Oktober 2022 di Bali. Ia semakin optimistis, seiring membaiknya ekonomi dunia pasca pandemi dan dimulainya masa new normal, komunitas bisnis global sebagai pemangku kepentingan di G20 perlu memastikan bahwa proses pemulihan ekonomi yang ada terlaksana secara inklusif, berkelanjutan, dan memiliki ketahanan terhadap kondisi tidak terduga.

1bl#ik-5/11/2021

Saatnya bagi pebisnis G20 untuk mengambil tindakan yang menjamin pemerataan kesejahteraan dan inklusivitas ekonomi bagi semua. Presidensi B20 Indonesia akan berfokus kepada tiga visi utama, yakni (1) mengupayakan pemulihan dan pertumbuhan yang kolaboratif Indonesia akan memfasilitasi kerjasama antar negara untuk mencapai pemulihan yang kuat dan merata (2) Mendorong terciptanya ekonomi global yang inovatif Indonesia mendukung percepatan adopsi teknologi dan inovasi industri; (3) Mewujudkan masa depan yang inklusif dan berkelanjutan.

1bl#ik-4/11/2021

Indonesia siap memberdayakan perempuan dan UMKM untuk memaksimalkan potensi ekonomi global, serta mendukung ekonomi yang supportif terhadap keberlangsungan bumi. Dalam Presidensi B20 Indonesia dibentuk 7 gugus tugas (Task Force)/Action Council yang meliputi Trade and Investment, Future of Work and Education, Finance & Infrastructure, Energy, Climate and Sustainability, Integrity and Compliance, serta juga Women in Business Action Council. Gugus tugas ini telah dibentuk untuk memastikan rekomendasi kebijakan yang diberikan bersifat inklusif, berkelanjutan serta meningkatkan kesejahteraan dan pemulihan ekonomi, baik Indonesia maupun negara-negara G20 lainnya.

1bl#ik-6/11/2021

“Sesuai arahan Ketum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid untuk melakukan spirit dari UU Cipta Kerja. Mempercepat dan permudah investasi, ada lapangan kerja bagi masyarakat dan mengurangi kemiskinan. Lalu kuatkan ekonomi daerah, kebijakannya jangan disamakan, tapi lihat potensi daerahnya. Ingat, ekonomi daerah kuat, ekonomi nasional akan kokoh,” ucapnya. Selain itu juga ada penguatan ekonomi Indonesia, yakni UMKM melalui penguatan kewirausahaan dan SDM. Bahwa UMKM harus naik kelas, dari informal menjadi formal, sehingga bisa mengakses permodalan untuk menjadi lebih besar. “KADIN Indonesia mendorong program Ekonomi Kerakyatan yang mengedepankan kerja sama, kolaborasi menciptakan wirausaha sosial, peduli terhadap ekonomi negara, bangsa dan masyarakat. Itulah Ekonomi Pancasila yang bertujuan menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” pungaksnya.

1bl#lm-7/11/2021

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid, mengapresiasi kehadiran Presiden Jokowi beserta jajaran menterinya dalam Rapimnas Kadin tersebut. Kadin juga mengapresiasi kerja keras Presiden dan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 dan menyatakan siap mendukung langkah pemerintah dalam memajukan ekonomi nasional. “Investasi dan ekspor kita mencatatkan angka yang luar biasa dan juga penguatan ekonomi domestik. Kami siap mendukung langkah pemerintah memajukan ekonomi daerah dan nasional, terutama soal revisi UU Cipta Kerja, kunci menumbuhkan investasi, membuka lapangan pekerjaan dan menghilangkan kemiskinan,” ujar Arsjad Rasjid dalam keterangan tertulisnya. aya/gga/ama

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close