Olahraga dan Pendidikan

Mahasiswa Farmasi Unud Raih Juara I Video Edukasi Pharmaplast 2023


Surabaya, PancarPOSProgram Studi Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Adalah Allysia Maria Vianney Putri, Mulan Gevika Amara Putri, dan Putu Dani Paramartha Wijaya bertiga mereka berhasil menyingkirkan peserta dari berbagai universitas, sampai akhirnya keluar sebagai Juara I dalam kategori Video Edukasi PHARMAPLAST 2023 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Farmasi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Karya Video Edukasi yang dibuat oleh tim Mahasiswa Farmasi Udayana ini mengangkat tema tentang “Berbagai Upaya Pencegahan Stunting atau Malnutrisi”. Allysia dan kawan-kawan melakukan review, dan studi literatur terhadap hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) yang dilaksanakan oleh Kementrian Kesehatan. Di sana tampak meskipun prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4% pada tahun 2021 menjadi 21,6% di 2022, angka tersebut masih melebihi ambang batas prevalensi stunting yang ditetapkan oleh WHO, yaitu sebesar 20%. Untuk itu Allisya dan kawan-kawan berpendapat tentunya perlu diambil langkah-langkah atau upaya segera untuk menurunkan angka prevalensi nasional agar memenuhi standar WHO yang dituangkan dalam bentuk video edukasi.

Dalam buku panduannya, Pharmacy UNIPA Present Contest (PHARMAPLAST) disebutkan merupakan kontes yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Farmasi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dengan tujuan memperbaiki kualitas pelajar sebagai generasi penerus bangsa. Dalam kompetisi ini diharapkan terciptanya iklim pendidikan yang lebih efektif dengan menimbulkan suatu stimulus bagi mereka yang memiliki semangat kompetisi. PHARMAPLAST 2023 yang dilaksanakan sejak 6 Februari 2023 dengan mengusung tema “Peran Generasi Millenial Mengenai Edukasi Kefarmasian dalam Sosial Media untuk Memperingati Hari Gizi Nasional” terdiri tiga kategori lomba yaitu:

  1. Lomba Poster (dapat diikuti oleh SMA umum dan SMK Farmasi).
  2. Lomba Desain Kemasan Obat (dapat diikuti oleh SMA umum dan SMK Farmasi).
  3. Lomba Video Edukasi (dapat diikuti oleh mahasiswa umum).

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas2893-Mahasiswa-Farmasi-Raih-Juara-I-Video-Edukasi-Pharmaplast-2023-di-Surabaya.html

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan


Back to top button