Olahraga dan Pendidikan

Desa Kuwum Jadi Tempat Pelaksanaan MBKM Bina Desa FH Unud


Badung, PancarPOSMBKM Bina Desa merupakan salah satu program yang diminati oleh mahasiswa FH Unud. Desa Kuwum yang terletak di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung menjadi salah satu desa binaan yang dipilih untuk mengimplementasikan program MBKM Bina Desa.

Mahasiswa peserta MBKM Bina Desa yang didampingi oleh dosen dari Lab/Bagian Hukum Perdata FH Unud yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Informasi, Dr. I Made Sarjana, S.H., M.H. sudah diterima sejak Selasa (11/4/2023) di Kantor Prebekel Desa Kuwum oleh Kepala Desa beserta perangkat desa lainnya. Pada penerimaan tersebut, para mahasiswa melakukan pemaparan mengenai program kerja mereka selama beberapa bulan ke depan di Desa Kuwum.

Programnya berbasis desa wirausaha yang menyasar para pelaku UMKM di Desa Kuwum dan Jaje Begina sebagai produk yang akan dikembangkan melalui inovasi produk, branding, pengemasan dan pemasaran. Pada Selasa (18/4/2023) telah dilakukan sosialisasi dan pendataan masyarakat khususnya pelaku UMKM Jaje Begina. Tujuan dilakukannya sosialisasi agar masyarakat mengetahui dengan jelas tujuan, manfaat dan capaian yang diperoleh pada akhir program MBKM Bina Desa. Selain itu mahasiswa melakukan pendataan mengenai permasalahan, hambatan yang dialami oleh para pelaku UMKM Jaje Begina dalam menjalankan usahanya.

Dari hasil sosialisasi dan pendataan, diketahui bahwa para pelaku UMKM belum mempunyai wadah untuk mengembangkan produknya baik dari segi produk maupun pemasaran sehingga mahasiswa menyiapkan beberapa rangkaian kegiatan di bulan Mei dengan mengundang narasumber terkait serta beberapa penyuluhan dan pelatihan guna mengembangkan UMKM Jaje Begina di Desa Kuwum.

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas2879-Desa-Kuwum-Menjadi-Salah-Satu-Tempat-Pelaksanaan-MBKM-Bina-Desa-Mahasiswa-FH-UNUD.html

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan


Back to top button