Nasional

Penerbangan Singapore Airlines Ditunda, Pelaku Pariwisata Bali Terkejut


Denpasar, PancarPOS | Rencana operasi penerbangan Singapore Airlines rute SIN-DPS-SIN dua kali seminggu mulai pada 4 Mei 2021 dinyatakan postponed atau tertunda. Penundaan sampai ada keputusan penambahan Bandara IGN Rai sebagai entry point penerbangan internasional baik untuk WNA maupun untuk WNI yang status PMI. Karena Pintu Masuk (Entry Point) bagi PPLN diperbolehkan hanya di empat bandara internasional saja yakni CGK (Cengkareng), KNO (Kualanamo), SUB (Juanda) dan MDC (Menado). Namun kecuali untuk penerbangan internasional kargo masih diperbolehkan diluar 4 bandara tersebut sesuai ketentuan.

1th#ik-16/4/2021

Terkait penundaan penerbangan itu, Ketua DPD Masata Bali (Masyarakat Sadar Wisata), Dr.(C) I Made Ramia Adnyana, SE., MM., CHA., mengakui para pelaku pariwisata di Bali merasa sangat kaget dengan penundaan tersebut. Mengingat sangat berharap kehadiran SQ terbang ke Bali akan menjadi titik balik kebangkitan pariwisata. “Terkait dengan pembatalan Singapore Airlines yang sedianya datang ke Bali tanggal 4 Mei 2021, ini tentu mengagetkan para pelaku pariwisata di Bali. Namun tentunya kami juga sangat memahami kebijakan yang diambil oleh Kemenhub dalam rangka untuk mengantisipasi lonjakan pandemik Covid-19. Tentu kita juga tidak ingin kejadian seperti di India terjadi di Bali,” ungkap Ramia saat dihubungi, Selasa (4/5/2021).

Wakil Ketua Umum Kadin Bali Bidang Akomodasi dan Pengembangan Pariwisata, sangat berharap pintu pariwisata Bali bisa segera dibuka. “Walau demikian kami tetap mengantisipasi pembukaan pariwisata bisa dilakukan bulan Juli 2021 sesuai komitmen Bapak Presiden ketika berkunjung ke Bali dalam rangka inspeksi pelaksanaan vaksin di Bali,” katanya, seraya sangat menyakini tanpa pembukaan pariwisata maka sebagai praktisi pariwisata sangat pesimistis ekonomi bisa bergerak seperti sedia kala, walaupun ada berbagai terobosan dari sektor lainnya. “Sebab sektor pariwisata merupakan sektor tersier yang mampu memberi dampak multiflier effect dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

1th-ksm#5/2/2021

Seperti diketahui, mencermati dan menindaklanjuti hasil rapat pimpinan seluruh pemangku kepentingan di level Pemerintah Pusat (Satgas Covid-19, DGCA, Kemenkes, CIQ) terkait aturan bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) sesuai Surat Dirjen P2P Kementerian Kesehatan Nomor SR.03.04/II/1084/2021 Tanggal 28 April 2021 dan hasil dari koordinasi Kantor Otban IV dengan DGCA memutuskan rencana operasi penerbangan Singapore Airlines rute SIN-DPS-SIN dua kali seminggu mulai pada 4 Mei 2021 dinyatakan postponed atau tertunda. Pertimbangan pengambilan keputusan tersebut akibat meningkatnya kasus terpapar Covid-19 beberapa negara (India, Pakistan, Philipine) secara signifikan dan pertimbangan Potensi Satgas Covid-19 Dalam Penanganan PMI yang masuk ke daerah masing-masing. ama/ksm

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Close